Senin, 09 Februari 2009

pelajaran

Pelajar Bontang ke Mongolia : Wakili Indonesia di Ajang Olimpiade Fisika Asia
im

Setelah melalui seleksi ketat di Pusat, akhirnya pelajar asal kota Taman, Bontang ini kembali dipilih untuk mewakili Indonesia diajang Olimpiade Fisika Asia Mongolia mendatang. Praktis saja, keberhasilan siswa kelas II SMU YPK Bontang, Virky Wiradiatma ini menjadi catatan tersendiri untuk dunia pendidikan Bontang dan Kaltim umumnya.

Pasalnya, dari 60 pelajar terbaik di Indonesia yang menjalani seleksi lalu, hanya 8 pelajar dari Kabupaten/kota di Indonesia yang dinilai layak mewakili sang 'Merah Putih' ke ajang Internasional.

"Ini bentuk perjuangan dan prestasi terbaik yang ditunjukkan pelajar-pelajar asal Bontang, mereka mampu bersaing dengan pelajar luar daerah," sebut penanggung jawab Olimpiade Fisika Asia untuk Bontang, Safaruddin kemarin.

Dijelaskan Safaruddin, sesuai jadwal yang ditentukan Pusat, rencananya tanggal 19 April mendatang, ke 8 siswa terbaik Indonesia tersebut akan berangkat Mongolia untuk mengikuti Olimpiade Fisika Asia. Sedangkan pelaksanaan kegiatannya berlangsung tanggal 20 sampai tanggal 29 April mendatang.

"Sebelumnya, mereka yang dinyatakan lolos ke Olimpiade Fisika Asia ini sudah menjalani TC selama 8 bulan di Jakarta lalu, dan ditangani langsung tim penjagar terbaik di Indonesia sesuai dengan bidang ilmunya. Kita sama-sama berharap dan memberikan doa restu kepada pelajar Bontang, agar bisa memberikan hasil terbaik untuk Indonesia di ajang tersebut. Karena bagaimanapun, mereka bukan saja membawa nama baik Bontang dan Kaltim, tetapi Indonesia secara keseluruhannya," jelas Safaruddin lagi.

Lebih jauh dikatakannya lagi, Olimpiade Fisika Asia ini merupakan pertandingan fisika antar pelajar terbaik di Asia. Untuk pertandingan ini nantinya peserta diminta untuk menyelesaikan soal-soal fisika, teori dan soal-soal fisika eksperimen dengan masing-masing durasi waktu 5 jam.

Sekadar menjadi catatan, untuk Olimpiade Fisika Asia kali ini Indonesia berusaha untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraih sebelumnya. Sebab pada Olimpiade yang sama sebelumnya yang dilangsungkan di China, Indonesia sukses menggondol 2 medali emas.

"Olimpiade Fisika Asia kali ini adalah yang ke 9 kalinya. Dan Indonesia berusaha mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang diraih sebelumnya. Pemkot melalui Diknas Bontang sangat mendukung keberangkatan pelajar ini mengikuti Olimpiade Fisika Asia," sambatnya.

Untuk tim Indonesia sendiri terdiri dari 2 tim, yaitu tima A dan B. Tim A merupakan siswa-siswa pemenang Olimpiade Sains Nasional, sedangkan tim B berasal dari hasil seleksi Kabupaten/Kota. Tim B diadakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa di Kabupaten/Kota dalam menguji kemampuan pelajar terbaiknya di arena olimpiade sains. Tahun ini tim B terdiri dari 8 Kabupaten/Kota, antara lain Bontang diwakilkan Virky Wiradiatma, Kabupaten Yapen Waropen diwakilkan Alfrida Kondolele, Kabupaten Lombok Tengah diwakilkan Girindra Wardhan, Kabupaten Marauke diwakilkan Rosalina Kanembut, Kabupaten Kupang diwakilkan Buce Somuke Toenlioe, Kota Pekalongan diwakilkan Akhmad Salafuddin, Kota Surabaya diwakilkan Achmad Rochi Habibi dan terakhir Kota Jayapura diwakilkan Cornelius Gandhi Wona.

"Sebenarnya pada seleksi fisika lalu, ada 2 pelajar Bontang yang terpilih selain Virky yaitu Busa dari SMUN 3 Bontang. Tetapi karena mengikuti peraturannya satu kota harus diwakilkan satu pelajar saja, maka tahun ini Virky yang mewakili. Sementara Busa dipersiapkan untuk olimpiade berikutnya," terang Safaruddin.


by fisik@net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Обои на рабочий стол. Capricomus